Berita

Sekda Pangandaran Ajak Warga Laksanakan Social Distancing

Posted By Operator Humas | 27-03-2020 15:10:25 | 8 Kali dibaca

HUMAS - Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana MM menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pangandaran untuk melakukan upaya social distancing

 

Ajakan beliau ini terkait pencegahan dan penanganan penularan virus corona (covid-19) di Kabupaten Pangandaran. 
"Penyebaran virus corona terjadi begitu cepat, untuk memperlambat penyebarannya Pemerintah Indonesia menganjurkan masyarakat Indonesia untuk bekerja, beribadah, belajar, dirumah dan menerapkan social distancing", ujarnya.

 

Social distancing adalah tindakan untuk menjauhi tindakan bersama atau keramaian yang membuat kita bertemu dengan banyak orang, bahkan tidak berpergian apabila tidak diperlukan setidaknya selama 14 hari sesuai dengan Iamanya inkubasi virus ini.

 

Menurutnya social distancing itu sangat penting dalam mengurangi penyebaran virus corona. 
"Mengapa social distancing ini penting saat semua orang bebas berpergian, ini akan menyebabkan penyebaran virus corona dengan cepat meluas, bisa jadi banyak orang yang terinfeksi namun tidak menyadari maka menjauhkan diri dari keramian ini atau social distancing ini akan sangat membantu untuk mengurangi resiko tertular virus corona", katanya.

 

Lanjutnya cara melakukan Social Distancing yaitu : 
1. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang;
2. Hindari pertemuan yang melibatkan banyak orang; 
3. Tidak berjabat tangan, berpelukan atau kontak fisik secara langsung saat bertemu dengan orang Iain; 
4. Hindari keramaian, mini market, pasar, dll; 
5. Hindari traveling atau pelesir ketempat wisata; 
6. Bekerja, belajar, beribadah dan olahraga di rumah.

 

la pun mengajak kepada seluruh warga untuk melaksanakan social distancing secara bersama-sama karena bukan hanya untuk diri sendiri tapi demi kebaikan bersama. 
"Social distancing bukan hal mudah untuk dilalukan namun ini penting, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk mencegah penularan kepada orang lain. Gunakan social distancing dengan benar agar kita bisa bersama - sama mengurangi resiko penularan virus corona", ajaknya. 

 

Selain itu Beliau mengharapkan, agar masyarakat yang baru dari luar negeri atau luar kota untuk Iapor diri ke pihak RT. 
"Bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran yang baru pulang dari luar negeri atau luar kota yang termasuk zona merah yaitu daerah yang terpapar covid-19, wajib untuk Iapor diri 1x 24 jam kepada ketua RT setempat atau menghubungi call center 119", tegasnya.

 

Juga beliau sampaikan agar menjaga kesehatan diri masing-masing. 
"Bagi warga yang dirumah jaga kesehatan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumah, selalu cuci tangan dengan sabun, menyemprot lingkungan rumah dengan disinfektan secara mandiri", ujarnya. 

 


Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

 

AGUS SUPRIATNA. SH

Share